Review PS VITA TV : Minim Support..

PS Vita TV boleh dikatakan pengembangan dari produk PS VITA , yang sudah masuk ke pasar terlebih dahulu, dan punya segmen tersendiri.
Mungkin karena barang baru, terus terang saya susah sekali mencari support atau info tentang produk ini.
PS VITA ini mempunyai kelebihan bentuk yang kecil namun game yang di mainkan bisa ditampilkan di layar TV.
mungkin ini jadi solusi bagi gamer yang tidak puas bermain di console kecil.

PS Vita TV sejatinya adalah PS Vita, minus layar dan tombol kontrol. Memiliki spesifikasi yang sama persis dengan versi handheldnya, namun Sony secara apik mengemasnya menjadi konsol game mikro. Ide di balik PS Vita TV adalah menghadirkan game-game PS Vita di ruang tamu yang nyaman. PS Vita TV juga mendukung game-game PSone serta PSP yang kompatibel dan tersedia di PS Store.

Dengan berat yang hanya 110g, PS Vita TV sangat ringan dan portabel. Perangkat ini sedikit lebih kecil dari satu pak kartu remi. Tampilannya begitu sederhana, namun elegan. Desain putih bersih membuatnya begitu cantik dan menarik perhatian jika ditempatkan di samping TV. Ikon PlayStation memenuhi permukaan atas TV PS Vita. Sedang di bagian belakangnya terdapat serangkaian port, seperti HDMI-out, jack LAN, USB 2.0 input, slot kartu memori PS Vita, dan tentu saja power. Sisi PS Vita TV memiliki flap yang menutupi slot cartridge game PS Vita. PS Vita Value Pack TV hadir dengan warna putih dengan kontroler DualShock 3 yang senada warnanya, serta kartu memori PS Vita 8GB.

Set up PS Vita TV cukup mudah. Untuk bermain game, kamu cukup menghubungkan konsol mikro ke HDTV melalui port HDMI dan menggunakan kontroler DualShock 3. Kabel mini USB disediakan dalam paket untuk digunakan dengan kontroler DualShock 3. Tampilan PS Vita TV terlihat sangat mirip dengan antarmuka PS Vita. Tentu saja semua ikon tampil jauh lebih besar. Tombol X pada DualShock 3 digunakan untuk ?melepas? dan menutup aplikasi, sedangkan tombol Segitiga digunakan untuk memanggil jendela menu dan memilih tindakan lebih lanjut (seperti memindahkan atau menghapus aplikasi). Karena tidak dibekali dengan GPS, beberapa aplikasi bawaan PS Vita seperti Near, Map, dan Welcome Park, tidak ada di konsol mikro ini.

Kurangnya touchscreen, kontrol gyro, dan touchpad belakang membuat game PS Vita yang banyak memanfaatkan fitur unik ini tidak (atau belum) kompatibel dengan PS Vita TV. Jangan berharap untuk memainkan game Tearaway, Uncharted: Golden Abyss, dan Gravity Rush di sini. Meski demikian, PS Vita TV tetap memiliki fitur pointer sentuh, yang memungkinkan pemain untuk menggunakan kontroler untuk melakukan operasi sentuh untuk mendukung game PS Vita, seperti Soul Sacrifice dan Ragnarok Odyssey ACE. Menekan tombol L3 dan R3 pada DualShock 3 membuka kontrol touch pad depan dan belakang, dan fitur ini dapat digunakan bersama-sama. Terus terang saja, ini adalah solusi yang agak janggal.

Keunggulan lainnya dari PS Vita TV adalah tersedianya fitur remoteplay yang dapat mengintegrasikannya dengan konsol PS Vita dan PS4.Gamer dapat bermain dalam satu permainan dengan orang lain yang memainkan PS Vita di ruang terpisah. Hebatnya lagi, PS Vita TV juga bisa dimanfaatkan untuk memainkan judul-judul video game platform PS4 dengan cara streaming.?Artinya, pengguna wajib memiliki konsol PS4 untuk bisa menggunakan fitur ini. (mahal amat , beli ps vita plus ps4)??Setidaknya fitur ini bisa sangat bermanfaat dalam mode permainan multiplayer online.

Produk ini juga disertakan menjadi bonus dalam pembelian TV flat Sony berukuran jumbo ..

Namun ketika mencoba untuk mencari games yang support di PS VITA TV , baru terlihat masalahnya.
Keliling kota Denpasar mencari info, obrak abrik internet, ternyata belum banyak games yang bisa dimainkan di PS VITA TV, dan rata rata toko games belum bisa memberi solusi/penjelasan tentang PS VITA TV.
Jawaban mereka tersingkat dan jelas adalah kita tidak jual dan belum punya dan coba PS VITA TV …weleh..
Penjual Games di Kaskus juga saya coba tanya tentang games yang support, namun jawabannya standar : Googling ajah!! (saya juga google dari 2 bulan lalu mas,,,,,,).

Informasi dari internet dan mas Google :?PS Vita TV memainkan format game yang sama dengan platform PS Vita. Dengan begitu, ada sekitar 600 judul video game yang dapat dimainkan pada konsol game yang hanya berbobot 110 gram ini.?(meski di list wikipedia , ada beberapa games PS vita yang tidak bisa dimainkan di PS Vita TV)

Kalau beli games , yang harganya lumayan wow (mirip ps4), sekitar 300 -400 ribuan, tidak ada jaminan games tersebut jalan di ps vita tv. Buka bungkus berarti beli , jadinya kalau tak bisa dipakai ya diapain??
Sampai sekarang , 2015, PS VITA?seperti saudaranya yang lain , PS 4, mahal, ekslusif, support games yang kurang…

 

Sepertinya perjalanan untuk menjadi ?top console masih lama, menunggu keseriusan Sony untuk produk ini..

Banyak yang mencari topik ini

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: