paket-wisata-bali
sewa-mobil-dan-sopir-di-bali
paket-wedding-di-bali
  • Facebook, FB 03.10.2009

    Semua yang ada di dunia ini punya fungsi masing masing..tergantung cara kita menggunakan..suatu benda bisa jadi berguna atau membunuh / mematikan jika digunakan secara salah..
    lihat saja pisau dapur..fungsinya adalah membantu manusia dalam melakukan pekerjaan di dapur..tapi kalau digunakan salah, misalnya di kasus KDRT, dia bisa jadi senjata pembunuh..
    Demikian juga teknologi internet..
    kalau anda menggunakannya secara arif, dia akan menjadi teman dan senjata andalan anda..
    Idem jika anda menggunakan sebaliknya..
    Beberapa kasus artis, pelecehan di internet, hacking/carding, penipuan di internet sampai kasus prita mulyasari, adalah contoh nyata betapa teknologi bisa menjadi pisau bermata dua bagi penggunanya..
    Facebook muncul sebagai sebuah fenomena, bukan sekadar teknologi..Dia menyihir ribuan orang di dunia..Kita secara alami setiap menit dan detik, berusaha mem”pelototi”nya..
    Mark Zuckerberg sukses menciptakan sebuah teknologi yang lebih dari sekadar teknologi..FB adalah wujud nyata teknologi web 2.0 bahkan lebih..
    Skrip AJaxnya yang keren abis, membuat orang gaptekpun merasa nyaman di dalamnya..what a technology..
    Sebagai sampel sederhana, saya ambil teman teman terdekat saya yang rata rata baru mengenal internet 1-2 tahun belakangan atau kurang, bahkan baru beberapa bulan saja..
    Mereka pasti menyebut Google,YM, dan satu nama yang paling lekat di benak mereka : FB alias Facebook..
    (maaf) Orang orang gaptek ini “bermain dan belajar facebook” secara cepat, tanpa ba bi bu dan banyak perlu dijelaskan , mereka menggunakan FB secara fasih..
    Bahkan fasilitas yang jarang saya pakai,sebagai orang melek IT, bisa mereka pakai..
    Lokasi penggunanya bukan main main, teman saya yang di desa terpencil, main FB sambil memberi makan sapi…What a trend..
    Saya jadi berfikir, mengapa Facebook jauh melebihi kepopuleran pendahulunya atau pesaingnya yang berupa social network : friendster (FS),myspace,yuwie dll..
    tebakan saya, ini adalah hasil dari beberapa perkembangan..
    1. Speed dan jangkauan jaringan internet yang bertanbah di tambah kemudahan koneksi internet dari mobil device : HP atau smart phone dengan fasilitas internet (bahkan dengan aplikasi facebook) di dalamnya , sangat mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau..
    2. Aplikasi facebook yang juga dikemas dalam bentuk aplikasi mobile yang cenderung cukup ringan dan cepat, membuat orang tidak perlu memiliki PC atau laptop untuk mengaksesnya..mudah dan cepat..
    3. “Mouth to mouth marketing ” dalam artian, seorang pengguna menularkan¬† kebiasaan dan bercerita keunggulan ¬† FB nya ke orang lain , tanpa harus ada promosi dari FB sendiri.. sebuah keuntungan bagi FB dan mark zuckerberg..hehe
    4. TREND SESAAT.. Kebiasaan Latah masyarakat indonesia (mungkin juga dunia ), orang cenderung mengikuti tren yang ada tanpa banyak berfikir..orang bisa bilang ke temannya, “nggak punya FB nggak gaul”..hehe..
    5. Publikasi dari beberapa media tentang FB.. Lihat saja, di awal tahun 2009, banyak media mengulas tren social network khususnya FB..secara tidak sengaja, ini juga mempengaruhi mindset dari pengguna internet..
    6. Dan kalau boleh jujur, saya menemukan kembali seorang teman SD yang pindah ke daerah lain ketika lulus SD lewat Facebook (bali ke surabaya).. kereennnnnn..
    idem juga dengan beberapa teman SMU dan SMP yang muncul satu persatu dari rangkaian teman-teman dan teman..
    Jadi di sini, Facebook memberi manfaat luar biasa bagi saya. Jika analogi pisau dapur, saya menggunakannya untuk memotong daging..jadinya positif bagi saya..yah, semuanya kan tergantung  man behind the gun. Banyak juga yang berantem gara gara FB.hehe..
    salah siapa?

    Banyak yang mencari topik ini

    Share on Facebook

    Posted by kunchunx @ 10:37 am

    Tags: , , , , , , , , ,

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


Seperti ulat sutra, anda telah membuat kepompong di seputar diri anda. Siapa yang akan menyelamatkan anda? Pecahkan kepompong anda dan keluarlah sebagai kupu kupu cantik, sebagai jiwa merdeka


%d bloggers like this: