bali united store

Gairah dari Bali Bernama Bali United..

Pernah mendengar nama nama seperti Wayan Sukadana,Wayan Kana, Misnadi , IB Mahayasa, Kadek Suartama, Freddy Mully,, Nus Yadera,Vata Matanu Garcia, Alfonso Abel Campos ?? kalau iya,berarti anda sudah tua, minimal menikah 🙂
Nama nama di atas adalah pemain Gelora Dewata di masa jayanya.  Setiap bertanding, GOR Ngurah Rai Denpasar selalu disesaki penonton, yang entah membeli karcis atau meloncat di tembok walau dihadang pak polisi.

(Sebelum gelora dewata didirikan, sejarah sepakbola bali sudah dimulai denan munculnya klub Caprina dan Bali Yudha FC)

Tiap pertandingan home selalu dihiasi asap bakaran sate laut dan babi di seputaran stadion.
Kalau anda penikmat radio, siaran langsung Gelora Dewata di RRI Denpasar selalu ditunggu tunggu saking serunya ..
Puncak kejayaan Gelora dewata datang ketika tim ini berhasil memenangkan Gelar Piala Liga 1993 dan Runner Up Kompetisi Galatama 1993/1994 dan menjadi wakil indonesia di Piala Winners Asia (Atau sekarang mungkin lebih dikenal dengan AFC Cup).
Gelora dewata menang 2-0 atas Perak FC di Stadion Ngurah Rai, tapi kemenangan itu jadi sia sia gara-gara Trio legiun asingnya : Vata, Abel Campos dan Jeremie, belum terdaftar / memiliki ITC. Sungguh menyesakkan….

(Segalanya sangat cepat berubah, ketika HM Mislan sebagai owner klub, memindahkan homebasenya ke Sidoarjo, dan dengan nama baru Gelora Putra Delta, yang nantinya berevolusi menjadi Deltras di kemudian hari.

perseden denpasar 2003
perseden denpasar 2003 pic by footbalindo

Perseden, bergelar Laskar Catur Muka, (2002/2003 promosi, 2003/2004 degradasi) dengan jersey orange, sempat membuat animo masyarakat kembali mencuat, dengan pemain pemain idola  Made Wirawan, Suwandi , Yeyen Tumena ,Kuncoro, Miro Baldo Bento, Komang Adnyana, Marwal iskandar, Kamri, Wayan sukadana, Stanley, Victor anderson, Paulus Krey .
Perseden cuma singgah sebentar di level teratas sepakbola indonesia .

Persegi sempat singgah di hati penggila bola bali, bergelar laskar kuda jingkrak, sempat meramaikan kancah divisi utama.

persegi bali
pic by @balifootball

 

gelora dewata bali 2
pic by @wayansukadana18

Nama nama seperti  Komang adnyana,  Marcus Vinicius, Christian kono, Gusti Made Astawa, Wayan sukadana, Bayu Yusa, Kartadnya, Dodok anang, Fernando andrade , Johan Charles, Komang Arya, Sarbini sandi, Wawan triono mungkin pernah anda dengar .

Bali Devata menjadi wakil berikutnya di kasta tertinggi, pada masa Dualisme ISL Dan IPL .
Illija Spasojevic bersinar di sini . dan kalau masih ingat, Klub ini menjadi tempat Raphael Maitimo debut bermain di indonesia di sini Dengan ketidakjelasan kompetisi, Liga Primer bubar dan nasib Bali Devata terombang-ambing. Pada akhirnya Bali Devata memilih merger dengan Persires Rengat dan berganti nama menjadi Persires Bali Devata.

Persisam Putra Samarinda yang bepindah homebase ke Bali akan berkompetisi di ISL dengan nama baru yakni Bali United Pusam (BUP). Itu seiringan juga dengan Borneo FC yang promosi ke ISL dan Samarinda memiliki dua tim, sehingga Putra Samarinda akhirnya memilih pulau Dewata. Stadion Kapten Dipta, Gianyar akan digunakan untuk memainkan laga kandang.
Seiring perjalanan  waktu, Bali United Pusam bermetamorfosis menjadi Bali United .

bali united pic by http://www.baliutd.com
bali united pics by baliutd.om

Setelah hasil kurang bagus di Turnamen TSC, Bali united melakukan perubahan yang cukup signifikan .
Irfan Bachdim dan beberapa nama tenar direkrut. Awalnya bebrapa pertandingan sempat kedodoran dan memecat pelatih Peter Butler.
Eko purjianto melanjutkan estafet pelatih dengan baik, sebelum Widodo direkrut untuk memimpin skuad.
Hingga pertengahan pekan ke-16 Liga I, Bali United bertengger di posisi keempat dengan mengantongi 29 poin.
Raihan tim berjulukan Serdadu Tridatu ini sama dengan jumlah poin yang dikantongi Madura United, yang menduduki posisi ketiga. Mereka hanya kalah selisih gol dari Madura United. Widodo juga bisa memadukan secara apik materi pemain Eropa dengan pemain lokal. Kemampuan Widodo ini membuat manajemen yakin Bali United bisa bertengger di papan atas sesuai target pada awal musim.

Kegairahan ini juga disertai kegairahan suporter.
Karakter suporter bali , dari dulu, yang suka tim dengan pemainan bagus, tak peduli itu tim lawan memang kadang menguntungkan tim lawan. Pressure ke tim lawan agak kurang dan kesan angker stadion juga kurang.
Seiring dengan kesadaran akan perlunya dukungan suporter, sudah terbentuk beberapa kelompok suporter.
Semeton Dewata (Reborn), Brigaz bali, North Side Boys (NSB) 12,Semeton Dewata Bulldog adalah kelompok suporter utama Bali United.

north side boys
pics by http://northsideboys12.com

Dengan usia klub yang masih tergolong muda, Penguasa tribun utara , North Side Boys 12 (NSB 12), yang tergolong paling kreatif
Tak pernah mati ide. Inovasi yang terus digencarkan suporter NSB 12 di tribun utara. Bervariasinya gerakan maupun lagu, ternyata membuahkan hasil. Mereka bernyanyi, berjingkrak, dan teriak bisa bergabung bersama. Meski tak ada ketua atau koordinator, NSB 12 berusaha untuk menciptakan aksi yang unik dan fresh di setiap laga Bali United.
Kreatifitas ini mengingatkan tentang kratifitas BCS (Brigata Curva Sud), Ultras dari PSS Sleman

Ketika melawan PSM Makassar, Minggu (23/07/2017), terjalin sebuah momen luar biasa, seluruh komunitas suporter Bali United secara bersama-sama akan menyanyikan 1 chant (lagu) di akhir pertandingan. Lagu yang dipilih adalah lagu berjudul “Rasa Bangga” yang sebelumnya selalu dinyanyikan komunitas NSB 12 di akhir laga atau saat victory pemain.
Sebelumnya 1 chant sudah pernah dilakukan kala Bali United away ke Bekasi dan Sidoarjo antara komunitas NSB dan Brigaz Bali.
Dan, Semeton Dewata Reborn juga menyanyikan lagu “Rasa Bangga” saat lawan Barito Putera..

Pemandangan yang menarik di stadion Dipta antara lain banyaknya anak anak dan wanita, jarangnya pelamparan botol minuman (Bahkan boleh dibilang tidak pernah ada)- hal ini juga disebabkan karena di pintu masuk air di botol aqua harus dituangkan ke plastik atau gelas plastik), dan hal menarik lainnya adalah banyaknya penonton asing( luar negeri ) yang menonton di stadion Dipta karena memang bali adalah destinasi wisata utama di Indonesia.

Sisi bisnis sepakbola sudah digarap pihak  Bali United secara profesional. Salah satunya lewat Bali United Store ,sebuah bangunan di sisi stadion, yang mayoritas dipenuhi dengan warna merah sebagai ciri khas klub dan desain kain poleng (kain hitam putih) khas Bali.

bali united store
Pihak manajemen berhasil membuat sebuah store dengan konsep desain yang sangat elegan. Layaknya toko merchandise milik klub-klub di luar negeri, cindera mata klub seperti jersey, botol minuman, topi dll terpajang dengan megah.Toko ini sendiri letaknya ada di bawah tribun selatan stadion dan buka mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WITA.  Segala merchandise resmi Bali United dijual sini . Selain toko fisik di stadion, Bali United Store juga menyediakan toko online untuk memudahkan pelanggan dari luar Bali yang ingin mendapatkan produk resmi klub.

Keren kan ??

INFORMASI LAIN

Daftar Pemain Bali United  2017/2018

Mahdi Fahri Albaar
Junius R. Bate
Miftahul Hamdi
Muhammad Taufiq
Irfan Bachdim
Yabes Roni
Fadil Sausu
Yandi Munawar
I Nyoman Sukarja
I Made Wirahadi
I Made Wardana
Dias Angga
Nick van der Velden
Ricky Fajrin
Ngurah Nanak
Agus Nova
Abdul Rahman Sulaiman
Selatan Ahn Byung-keon
I Made Andhika Wijaya
I Gede Sukadana
Azka Fauzi
Marcos Flores
Hasyim Kipuw
Alfonsius Kelvan
Wawan Hendrawan
Syakir Sulaiman
Dicky Indrayana
Sylvano Comvalius

 

Chant Bali United

by North Side Boys

BANGGA MENGAWALMU PAHLAWAN
BANGGA MENGAWALMU HEY PAHLAWAN
BANGGA BISA BERSAMAMU KAWAN
BERJUANG MERAIH KEMENANGAN
DEMI SEBUAH KEHORMATAN

AYO MAJULAH BALI UNITED
AYO BERJUANG BALI UNITED

BERMAINLAH DENGAN RASA BANGGA
DEMI LAMBANG BALI DIDADA
OOO…..
OOOOO…..
OOO…..
OOOOO….

Banyak yang mencari topik ini

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: