paket-wisata-bali
sewa-mobil-dan-sopir-di-bali
paket-wedding-di-bali
  • Mengerti Birokrasi 14.08.2009

    Beberapa minggu bekerja dengan keuangan di birokrasi pemerintahan ini, saya ketemu istilah istilah aneh ..maklum, orang IT nyebrang ke keuangan..mau nggak mau, harus belajar banyak hal..
    misalnya istilah istilah seperti berikut :

    Surat Perintah Membayar (SPM)

    Dokumen yang diterbitkan oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat lain yang ditunjuk untuk mencairkan dana yang bersumber dari DIPA atau dokumen lain yang dipersamakan.

    Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)
    Surat Perintah yang diterbitkan oleh KPPN selaku kuasa Bendahara Umum Negara untuk pelaksanaan pengeluaran atas beban APBN berdasarkan SPM.

    Contoh SPM dan SP2D Serta petunjuk pengisiannya, bisa dilihat di .contoh-spm-dan-sp2d

    Uang Persediaan (UP)
    Uang muka kerja dengan jumlah tertentu yang bersifat daur ulang (revolving), diberikan kepada bendahara pengeluaran hanya untuk membiayai kegiatan operasional sehari-hari perkantoran yang tidak dapat dilakukan dengan pembayaran langsung.

    Surat Perintah Membayar Pengganti Uang Persediaan (SPM-GUP)
    Surat Perintah Membayar yang diterbitkan oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran dengan membebani DIPA, yang dananya dipergunakan untuk menggantikan uang persediaan yang telah dipakai.

    Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS)
    Surat Perintah Membayar langsung kepada pihak ketiga yang diterbitkan oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran atas dasar perjanjian kontrak kerja atau surat perintah kerja lainnya.

    DIPA
    suatu dokumen pelaksanaan anggaran yang dibuat oleh Menteri/Pimpinan Lembaga atau Satker serta disahkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan atau Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan atas nama Menteri Keuangan dan berfungsi sebagai dokumen pelaksanaan pembiayaan kegiatan.

    Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP)
    adalah Surat Keterangan tentang terhitung mulai bulan dihentikan pembayaran yang dibuat/dikeluarkan oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan oleh Kementerian Negara/Lembaga atau satker dan disahkan oleh KPPN setempat.

    KPPN
    adalah Instansi vertikal Dirjen Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada KAKANWIL Dirjen Perbendaharaan..

    dan cukup sekian dulu…ngerti dikit aja udah bagus..hehe…dan masih banyak yang harus saya pelajari lagi..saya yakin, semuanya berguna dan menambah ilmu ..enjoy aja…

    Banyak yang mencari topik ini

    Share on Facebook

    Posted by kunchunx @ 10:58 am

    Tags: , , , , , , , , , , , ,

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


Seperti ulat sutra, anda telah membuat kepompong di seputar diri anda. Siapa yang akan menyelamatkan anda? Pecahkan kepompong anda dan keluarlah sebagai kupu kupu cantik, sebagai jiwa merdeka


%d bloggers like this: