paket-wisata-bali
sewa-mobil-dan-sopir-di-bali
paket-wedding-di-bali
  • PNS 17.04.2011

    Sejak Perubahan Aplikasi SPM dari aplikasi SPM 2010 ke aplikasi SPM 2011, banyak sekali masalah yang timbul. Adaptasi ke Program/aplikasi baru , pasti ada masalahnya. Apalagi kalau memang kondisi program barunya baru 80-90 %, yang pakai pasti puyeng.

    Kalau dirunut, dari bulan desember 2010 , yang parah adalah setiap update, tidak ada penjelasan update tersebut memperbaiki apa dan bagaimana..
    Tiap update kita selalu mengecek setiap fasilitas program ini sendiri dan melihat tabel apa saja yang berubah.
    Siapa yang salah ?

    Perubahan di aplikasi SPM dari aplikasi SPM 2010 ke aplikasi SPM 2011, tujuannya memang baik, agar data di simpan di tempat yng berbeda dengan program / interfacenya.

    My SQL memang membantu hal ini, termasuk juga kekuatan dan kecepatannya dalam pengelolaan data .
    Tapi pertanyaan kita, pernahkah program ini dicoba sebelum diluncurkan ? sudahkah ditest untuk Satker yang notabene besar ?

    dengan DIPA 500 milyar ? dengan kegiatan yang beragam ? Sudahkah juga support teknis siap untuk hal hal detail yang terjadi di satker ?

    Apa setiap KPPN bisa membantu ?

    Dari bangku kuliah IT, saya pernah membaca tentang Siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) / (system development life cycle – SDLC) yaitu proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer.
    Ada beberapa Tahapan dari siklus hidup sistem yaitu :
    1.    Tahap Perencanaan
    2.    Tahap Analisis
    3.    Tahap Rancangan
    4.    Tahap Penerapan
    5.    Tahap Penggunaan

    Dalam pikiran saya, pembuat dan perancang aplikasi ini, tidak menerapkan perencanaan , perancangan dan analisis secara benar. L:ihat saja , Tabel tabel bisa berubah setelah program diluncurkan 5 bulan .
    What the hell is going on ???

    Saya yakin program APLIKASI SPM 2011 ini akan terus mengalami perubahan dan update.
    Tapi sampai kapan ?
    Sebaiknya kita berkaca, perubahan harus diikuti dengan niat baik dan support dari berbagai pihak . Saya tidak melihat hal terakhir ini …

    Banyak yang mencari topik ini

    Share on Facebook

    Posted by kunchunx @ 11:47 pm

    Tags: , , , , , , ,

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


Seperti ulat sutra, anda telah membuat kepompong di seputar diri anda. Siapa yang akan menyelamatkan anda? Pecahkan kepompong anda dan keluarlah sebagai kupu kupu cantik, sebagai jiwa merdeka


%d bloggers like this: