paket-wisata-bali
sewa-mobil-dan-sopir-di-bali
paket-wedding-di-bali
  • Tips sederhana 24.03.2009
    bank-mandiri

    bank-mandiri

    Di tengah jaman yang serba cepat dan instan, penggunaan internet banking sangat membantu.
    tapi yang namanya teknologi buatan manusia, pasti ada plus minusnya..
    Apalagi di dunia internet.
    Semuanya bisa berantakan kalau ada berpikir semua orang di internet adalah baik.
    Selalu waspada menggunakan teknologi di net, khusunya internet banking..
    Masih inget kasus KLIK BCA? Kalau tidak ingin jadi korban cyber crime sebaiknya kita ikut aturan dari yang punya sistem.
    Saya sendiri ikut KLIK BCA dan internet banking dari mandiri. Tapi cukup untuk keperluan Cek Saldo aja.Saldonya aja cuma 150 ribu..gaya betul ..wahahha..
    ya, kalau mau aman coba anda lihat petunjuk dan FAQ dari bank Mandiri.
    Artikel ini disebar luaskan semata mata untuk sosialisasi berinternet banking secara sehat, khususnya Bank Mandiri.
    Silahkan dinikmati :

    Aman menggunakan internet Banking – Tips dan FAQ dari internet Banking Mandiri

    Apakah layanan Mandiri Internet?
    Mandiri Internet adalah fasilitas yang diberikan kepada nasabah Bank Mandiri untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan Internet, kapan saja, dimana saja, 24 jam sehari 7 hari dalam seminggu.

    Mengapa Saya Memilih Mandiri Internet? Apa Keuntungannya?
    * Cukup dari Meja Kerja Anda , Melakukan aktivitas perbankan cukup dari meja kerja, menggunakan personal computer atau lap-top yang dilengkapi Modem dengan koneksi Line Telephone atau GPRS.
    * Tanpa Batasan Waktu , Anda dapat meng-akses rekening 24 jam sehari 7 hari seminggu, untuk bertransaksi atau sekedar melakukan cek saldo dan melihat mutasi rekening.
    * Cakupan Global , Dapat melakukan transaksi dari belahan dunia manapun selama ada akses ke Internet.
    * Siapapun bisa menikmati kemudahannya , Menu transaksi jelas dengan navigasi yang simple, membuat Anda bertransaksi dengan mudah, walaupun baru pertama kali menggunakannnya.
    * Fitur Layanan yang beragam , Dapat melakukan beragam transaksi perbankan seperti: Bayar tagihan PLN, Telephone Rumah, Handphone, Isi ulang pulsa, transfer antar rekening, Transfer Antar Bank, Pembelian Tiket Airline, dsb.
    * Aman dan terlindung! , Dilengkapi sistem keamanan berlapis dan Token.
    * Satu akses untuk semua produk , Dengan login hanya menggunakan 1 User ID Anda dapat sekaligus mengakses seluruh produk yang Anda miliki di Bank Mandiri seperti Tabungan, Giro, Deposito, Kartu Kredit dan Rekening Pinjaman, baik dalam mata uang rupiah atau mata uang asing lainnya.
    * Pendaftaran yang mudah , Daftar secara instant melalui Mandiri ATM atau Cabang bank, dan bila melakukan pendaftaran melalui ATM, Anda bisa langsung melakukan aktivasi dan mengakses rekening Anda.
    * Tidak Membutuhkan software khusus , Anda tidak memerlukan software khusus, cukup gunakan minimum configurasi dengan standard browser.
    * Hemat , Hampir seluruh fitur yang ada, dapat digunakan secara gratis.

    Apa nama alamat web-site Mandiri Internet?
    Anda dapat mengunjungi website Mandiri Internet di alamat www.bankmandiri.co.id

    Jenis Rekening apa saja yang saya dapat akses melalui Mandiri Internet?
    Rekening yang dapat diakses adalah Tabungan (Mandiri Tabungan, Mandiri Tabungan Bisnis, Mandiri Dollar, Mandiri Tabungan Rencana), Giro Perorangan (rupiah dan mata uang lainnya), Deposito (rupiah dan mata uang lainnya), Kartu Kredit dan Rekening Pinjaman Perorangan.

    Apa yang bisa saya lakukan dengan Mandiri Internet?
    Fitur Mandiri Internet sangat lengkap, hampir seluruh transaksi perbankan dan pembayaran tagihan bulanan dapat dilakukan di layanan ini.
    Seberapa up-date Informasi dan transaksi finansial yang ditampilkan pada layanan ini?
    Informasi dan transaksi yang ditampilkan adalah data informasi dan transaksi yang paling up to-date (real-time on-line) dan langsung dikerjakan oleh system (straigth through processing).

    Apakah saya akan dikenakan biaya untuk penggunaan layanan Mandiri Internet ini?
    Untuk pendaftaran sama sekali tidak dikenakan biaya dan hampir seluruh fitur dapat digunakan dengan gratis (lihat page tarif layanan yang berlaku di Mandiri Internet).

    Amankah menggunakan layanan Mandiri Internet?
    Ya, layanan Mandiri Internet di disain dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan informasi pribadi dan keuangan anda.
    Menggunakan program Internasional Internet Standard Security SSL 3.0 dengan sistim enkripsi 128-bit, suatu sistim pengacak informasi yang tercanggih saat ini, sehingga informasi pribadi & keuangan anda tidak dapat terbaca ketika melalui jaringan internet.
    Anda juga akan diberikan User ID & Password yang unik, sehingga tidak ada duplikasi dan hanya anda yang mengetahuinya. Setiap kali Login, anda hanya diperkenankan mengulang User ID & Password yang salah sebanyak 3 kali sebelum akses tersebut diblokir untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab.
    Setiap transaksi finansial harus menggunakan alat pengaman tambahan yang disebut Token
    Setiap transaksi akan diberikan nomor referensi yang digunakan apabila ada pertanyaan atau terjadi suatu masalah yang berhubungan dengan transaksi tersebut.
    Jika tidak terdapat aktivitas selama 10 menit, system secara otomatis akan mengakhiri (log-out) akses anda untuk mencegah penyalahgunaan yang tidak berwenang.

    Apakah Token?
    Token adalah alat pengaman tambahan untuk transaksi finansial di Elektronik Banking Bank Mandiri. Untuk bisa bertransaksi Anda diharuskan menggunakan Token.
    Token berfungsi untuk menghasilkan PIN yang selalu berganti (PIN Dinamis) untuk setiap kali nasabah melakukan transaksi finansial, tanpa Token Anda masih bisa log-on ke dalam sistem Mandiri Internet untuk melihat Informasi Saldo dan mutasi transaksi.

    Apakah saya dikenakan biaya untuk pendaftaran penggunaan Token?
    Biaya Pendaftaran penggunaan Token adalah sebesar Rp. 20.000 (satu kali saja), sedangkan untuk biaya Penggantian Token baru, jika hilang atau rusak yang disebabkan oleh kelalaian Anda adalah RP. 100.000.

    Pendaftaran
    Harus mendaftarkah untuk menggunakan layanan Mandiri Internet?
    Ya, nasabah terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran di Mandiri ATM atau cabang pengelola rekening.

    Dapatkah pendaftaran dilakukan secara on-line?
    Tidak, dengan pertimbangan keamanan maka pendaftaran secara on-line tidak disediakan.
    Syarat-syarat apa yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan Pendaftaran:
    * Memiliki rekening tabungan, giro rupiah dan atau mata uang lainnya.
    * Untuk pendaftaran di Mandiri ATM, harus memiliki kartu Mandiri Debit sedangkan untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Passport, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (buku tabungan, kartu Mandiri Debit)

    Saya telah melakukan pendaftaran tetapi tidak dapat login?
    Kemungkinan Anda lupa melakukan Aktivasi, lakukan aktivasi terlebih dahulu melalui tombol aktivasi di halaman utama web-site Bank Mandiri

    Langkah apa yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan Mandiri Internet?
    * Lakukan pendaftaran Mandiri Internet di Mandiri ATM atau cabang pengelola rekening.
    * Lakukan permintaan dan pendaftaran Token di cabang Bank Mandiri.
    * Lakukan Aktivasi Mandiri Internet di www.bankmandiri.co.id.
    * Aktivasi Token Anda, pada menu administrasi setelah login ke Mandiri Internet.

    Apakah saya dapat menggunakan Mandiri Internet langsung setelah melakukan pendaftaran?
    Ya, jika melakukan pendaftaran melalui Mandiri ATM Anda dapat langsung melakukan pendaftaran Token, melakukan Aktivasi layanan dan untuk selanjutnya login kedalam system Mandiri Internet.

    Bagaimana cara melakukan pendaftaran Mandiri Internet melalui ATM?
    Pendaftaran dapat dilakukan di seluruh Mandiri ATM. Masuk ke menu utama dan pilih registrasi e-banking serta ikuti petunjuk yang ada di layar ATM untuk membuat 6 (enam) angka ACCESS CODE (PIN Pendaftaran), yang nantinya pada saat melakukan aktivasi di web-site Bank Mandiri nasabah akan diminta untuk memasukkan nomor ACCESS ID yaitu 16 digit nomor kartu dan ACCESS CODE yang dibuat di mesin ATM secara bersamaan.

    Bagaimana cara pendaftaran Mandiri Internet jika dilakukan melalui cabang?
    Datang ke Cabang Bank Mandiri, dengan membawa bukti kepemilikan rekening (Buku tabungan/kartu Mandiri Debit) serta kartu identitas, mengisi formulir aplikasi pendaftaran Mandiri Internet yang ada di cabang.
    Selanjutnya bank akan mengirim Access ID berupa 16 (enam belas) angka ke alamat e-mail yang didaftarkan dan Anda harus kembali ke cabang tersebut untuk mengambil ACCESS CODE dalam amplop tertutup (PIN Mailer).

    Berapa lama saya harus kembali ke cabang untuk mengambil ACCESS CODE (Pin Mailer) sejak tanggal pendaftaran?
    Untuk cabang di wilayah Jabotabek dapat diambil 5 (lima) hari kerja dan cabang luar Jabotabek 10 (sepuluh) hari kerja sejak tanggal pendaftaran.

    Bagaimana cara melakukan pendaftaran Token?
    Datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat, dengan membawa bukti kepemilikan rekening (Buku tabungan/Mandiri Debit) serta kartu identitas, mengisi formulir aplikasi penggunaan Token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token.

    Kapan sebaiknya saya melakukan pendaftaran Token?
    Setelah melakukan pendaftaran Mandiri Internet, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran penggunaan Token.

    Apa yang harus saya lakukan setelah memiliki ACCESS ID dan ACCESS CODE? Apakah dapat langsung LOGIN ?

    Sebelum LOGIN dan melakukan transaksi, Anda terlebih dahulu harus melakukan aktivasi di web-site Bank Mandiri di www.bankmandiri.co.id. Pilih tombol Aktivasi dan Masukkan ACCESS ID dan ACCESS CODE yang telah Anda dimiliki. Apabila aktivasi sukses maka nasabah akan diminta untuk membuat USER ID dan PIN Internet Banking Mandiri untuk LOGIN.

    Apakah Token saya harus di-aktivasi?
    Ya, agar bisa digunakan Token harus di-aktivasi terlebih dahulu, login ke Mandiri Internet di www.bankmandiri.co.id, masuk ke menu administrasi dan pilih Aktivasi Token PIN Mandiri.

    Penggunaan
    Apa yang harus disiapkan agar dapat mengakses layanan Mandiri Internet ?

    Perangkat yang dibutuhkan untuk mengakses Mandiri Internet:
    * Perangkat Keras (Hardware):
    o PC Pentium 133 Mhz, atau lebih tinggi.
    o Modem 28.8 kbps (disarankan 56 kbps).
    * Perangkat lunak:
    o Operating System Windows 98, Windows 2000 atau Windows NT
    o Browser Microsoft Internet Explorer 5.00 atau Netscape Navigator 4.5
    * Koneksi Internet
    o Internet Account pada salah satu Internet Service Provider (Penyedia Jasa Internet) seperti CBN, Indosatnet, Radnet dsb.
    o Instant Access : (Telkomnet Instant atau ISP lainnya)

    Bagaimana cara menggunakan layanan Mandiri Internet?
    Detail cara penggunaan dan demo dapat Anda lihat langsung di http://www.bankmandiri.co.id/demo/ib.htm

    Apakah saya dapat menggunakan Mandiri Internet selama 24 Jam?
    Ya, Anda dapat menggunakan Mandiri Internet selama 24 Jam Sehari 7 Hari seminggu.

    Apakah saya dapat menggunakan Mandiri Internet, ketika berada di luar negeri?

    Ya, dimanapun Anda berada selama ada koneksi ke Internet, Anda dapat menggunakan layanan Mandiri Internet dan Token untuk bertransaksi.


    Apakah yang dimaksud dengan USER ID dan PIN?
    USER ID merupakan serangkaian kombinasi angka dan huruf (alphanumeric) terdiri dari 6-10 karakter yang merupakan tanda pengenal Anda untuk dapat mengakses layanan Mandiri Internet. Contoh Mandiri99

    Setelah saya memiliki USER ID dan PIN fasilitas apa yang dapat saya gunakan?
    Anda dapat melakukan transaksi perbankan non finansial seperti cek saldo, histori transaksi, dan transaksi lain yang bersifat informasi.

    Kalau saya ingin melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, penempatan deposito) apa yang harus saya lakukan?
    Anda harus memiliki alat pengaman tambahan yang disebut Token. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan PIN yang selalu berganti (PIN Dinamis) untuk setiap kali Anda melakukan transaksi financial.

    Apa yang harus saya lakukan jika komputer saya mendadak mati atau jaringan terputus sedangkan transaksi financial sedang berlangsung?

    Untuk memastikan apakah transaksi tersebut berhasil atau tidak, silakan melakukan pengecekan saldo terlebih dahulu pada rekening Anda atau hubungi layanan Mandiri Call Mandiri di 14000.

    Apakah saya akan mendapatkan bukti transaksi setiap melakukan transaksi finansial?
    Ya, setiap kali anda melakukan transaksi finansial melalui Mandiri Internet, maka anda akan mendapatkan bukti nomor referensi. Anda dapat mencetak/menyimpan bukti nomor referensi tersebut.

    Apakah bisa melakukan Login kembali setelah layanan Mandiri Internet mendadak terputus?
    Anda dapat melakukan Login kembali 10 menit setelah layanan tersebut terputus. Jika belum 10 menit Anda melakukan Login kembali maka akan ada pesan “USER TELAH LOGIN”. Hal ini dikarenakan USER ID Anda masih tersangkut di dalam system.

    Apakah yang dimaksud dengan LOGOUT? dan bagaimana caranya?
    Logout adalah suatu fungsi untuk mengakhiri akses anda dengan dengan sempurna, setelah Anda selesai menggunakan fasilitas internet banking, dengan meng-klik tombol logout di bagian kanan atas layar

    Keamanan
    Keamanan apa yang diterapkan pada Mandiri Internet?

    * Menggunakan sistem keamanan standard international dengan enkripsi SSL 128 bit(Secure Socket Layer 128 bit Encryption) yang akan mengacak data transaksi
    * Pengamanan pintu akses dengan Firewall (ISP>Web Server>Data Server>Host)
    * Proses pendaftaran melalui Mandiri ATM atau Cabang Bank Mandiri
    * Proses aktivasi di www.bankmandiri.co.id dengan Access ID & Access Code
    * Verifikasi user dengan User ID & PINInternet Banking pada saat login
    * Auto Logoff (Session Time Out ) jika Nasabah lupa log-out
    * Seluruh aktifitas nasabah di Mandiri Internet akan tercatat oleh sistem
    * Nasabah dapat melihat seluruh aktifitas yang dilakukan pada Mandiri Internet selama jangka waktu tertentu
    * Notifikasi melalui e-mail dan SMS* untuk setiap transaksi yang dilakukan
    * Limit transaksi per hari
    * Verifikasi transaksi dengan Token
    * jika terdaftar sebagai pengguna Mandiri SMS

    Apa yang dapat saya lakukan untuk memaksimalkan keamanan layanan Mandiri Internet?
    * Rahasiakan PIN Internet Banking Anda dan jangan pernah memberitahukannya kepada orang lain.
    * Buatlah USER ID & PIN tidak mudah ditebak tetapi gampang diingat.
    * Lakukan perubahan PIN Internet Banking secara berkala.
    * Jangan tinggalkan computer Anda saat Login ke layanan Internet Banking Mandiri dan selalu tekan “log-out” jika sudah selesai menggunakan.
    * Tolak layanan simpan otomatis USER ID dan PIN pada saat browser Internet Explorer menawarkan peyimpanan otomatis.
    * Jangan gunakan USER ID/PIN atau Informasi pribadi lainnya pada web-site yang tidak jelas.
    * Selalu gunakan komputer atau alat lainnya yang Anda yakin aman.
    * Jika menggunakan koneksi dan alat nirkabel pastikan bahwa kemanannya cukup.
    * Biasakan untuk menghapus browsers cache dan hietory setiap selesai bertransaksi.
    * Lindungi komputer anda dari virus dan program berbahaya lainnya.
    * Biasakan untuk melakukan check saldo rekening dan mutasi transaksi secara teratur.
    * Segera beritahukan kepada kami melalui contact us di web-site atau telephone ke 14000 jika mendapat masalah atau sesuatu yang mencurigakan.

    Apakah aman bertransaksi lewat warnet?
    Kami tidak menyarankan anda untuk bertransaksi di komputer milik umum atau warnet. Umumnya komputer di tempat umum rentan terhadap virus dan program yang dapat me-record apa yang diketik atau “keylogger”. Bukan mustahil program tersebut sengaja dibuat untuk membaca apapun yang anda ketikkan (termasuk userID dan Password anda), untuk kemudian diambil atau dikirimkan kepada sang pembuat program dan digunakan untuk mengambil manfaat. Tetapi jika sampai hal tersebut terjadi Mandiri Internet tetap aman karena dilengkapi dengan Token, hal paling buruk yang terjadi adalah orang tersebut hanya dapat melihat saldo dan mutasi transaksi.

    Bagaimana cara menghindari penipuan ber-modus phising
    Apa itu phising?
    Phising , adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah. Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah
    Aksi ini semakin marak terjadi. Tercatat secara global, jumlah penipuan bermodus phising selama Januari 2005 melonjak 42% dari bulan sebelumnya. Anti-Phishing Working Group (APWG) dalam laporan bulanannya, mencatat ada 12.845 e-mail baru dan unik serta 2.560 situs palsu yang digunakan sebagai sarana phishing.
    Selain terjadi peningkatan kuantitas, kualitas serangan pun juga mengalami kenaikan. Artinya, situs-situs palsu itu ditempatkan pada server yang tidak menggunakan protokol standar sehingga terhindar dari pendeteksian
    *Bagaimana phishing dilakukan?
    Teknik umum yang sering digunakan oleh penipu adalah sebagai berikut:
    Penggunaan alamat e-mail palsu dan grafik untuk menyesatkan Nasabah sehingga Nasabah terpancing menerima keabsahan e-mail atau web sites. Agar tampak meyakinkan, pelaku juga seringkali memanfaatkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi, seperti; bank atau penerbit kartu kredit. Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti; password, PIN dan nomor kartu kredit
    Membuat situs palsu yang sama persis dengan situs resmi.atau . pelaku phishing mengirimkan e-mail yang berisikan link ke situs palsu tersebut.
    Membuat hyperlink ke web-site palsu atau menyediakan form isian yang ditempelkan pada e-mail yang dikirim.
    *Bagaimana cara menghindari Phishing?
    Jangan mudah terpancing untuk mengikuti arahan/petunjuk apapun sehubungan informasi rekening, yang dianjurkan pada e-mail yang dilink ke situs bank tertentu. Jika Anda menerima e-mail sejenis ini dan mengatasnamakan Bank Mandiri, berhati-hatilah. Bank Mandiri menerapkan kebijakan untuk tidak meminta pemilik rekening/Nasabah mengup-date data melalui sarana e-mail.
    Jika Anda menerima e-mail seperti ini, segera laporkan kepada pihak Bank Mandiri.
    *Langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk memproteksi diri dari penipuan Phising?
    Berikut langkah memproteksi diri dari penipuan bermodus phishing:
    o Selalu ketikan URL yang lengkap untuk alamat web-site resmi bank, yaitu: www.bankmandiri.co.id pada menu bar di browser Anda.
    o Jangan pernah membagi atau memberikan User ID atau PIN Anda pada orang lain bahkan staf Bank Mandiri sekalipun. Bank Mandiri tidak pernah menanyakan nomor PIN untuk alasan apapun.
    o Jika Anda mendapatkan e-mail yang berisi pemberitahuan bahwa Bank Mandiri akan menutup rekening atau User ID Anda, jika tidak melakukan konfirmasi dengan data-data pribadi, jangan reply atau mengklik link yang ada pada e-mail tersebut.
    o Jangan terpancing untuk mengikuti anjuran melakukan transfer ke rekening tertentu, dengan tujuan mendapatkan hadiah undian. Sebaiknya cari keterangan lengkap dengan cara langsung menghubungi pihak Bank Mandiri.
    *
    Perlukah melaporkan lokasi phishing atau e-mail yang mencurigakan?
    Jika Anda memiliki pertanyaan tentang e-mail yang dikirimkan oleh Bank Mandiri atau bila Anda merasa bahwa seseorang sedang mencoba melakukan penyalahgunaan atas nama Bank Mandiri, segera hubungi Mandiri Call di 14000 dari telepon atau ponsel Anda untuk melakukan konfirmasi.

    (diambil dari http://www.bankmandiri.co.id/article/faq-ib.aspx)

    Banyak yang mencari topik ini

    Share on Facebook

    Posted by kunchunx @ 3:44 am

    Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • One Response

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


Seperti ulat sutra, anda telah membuat kepompong di seputar diri anda. Siapa yang akan menyelamatkan anda? Pecahkan kepompong anda dan keluarlah sebagai kupu kupu cantik, sebagai jiwa merdeka


%d bloggers like this: